Laurentiis: Cristiano Ronaldo Pelatih Juventus yang Sesungguhnya


NAPLES – Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, menyebut Cristiano Ronaldo sebagai pelatih Juventus yang sebenarnya. Produser kenamaan asal Italia itu menilai, Ronaldo adalah seorang motivator sejati yang selalu dijadikan panutan pesepakbola lainnya.

Meski berstatus sebagai pemain, Ronaldo terkenal sebagai pesepakbola yang memiliki pengaruh di ruang ganti. Pesepakbola 34 tahun itu tak segan memarahi rekan-rekannya yang bermain di bawah harapan.

Cristiano Ronaldo

Begitu juga ketika sedang mentas di lapangan hijau, Ronaldo selalu memberikan arahan kepada rekan setim. Contoh nyata Ronaldo memiliki bakat melatih terlihat saat Tim Nasional (Timnas) Portugal menghadapi Prancis di Piala Eropa 2016.

BACA JUGA: Gabung Barcelona, Peluang Griezmann Balaskan Dendam kepada Ronaldo

Saat itu, Ronaldo yang ditarik keluar di awal laga karena mengalami cedera lutut, langsung memberikan instruksi dari pinggir lapangan setelah mendapatkan perawatan. Meski lututnya dibalut, Ronaldo secara lantang menyuarakan masukannya kepada Joao Moutinho dan kawan-kawan.

Hasilnya, Portugal menang 1-0 atas Prancis via tembakan jarak jauh Eder di masa perpanjangan waktu. Karena itu, De Laurentiis mengaku sampai kapan pun mengagumi pesepakbola brilian layaknya Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

“Cristiano Ronaldo kuat karena dia telah menggantikan fungsi pelatih di Liga Italia. Ronaldo adalah motivator sejati, terutama di ruang ganti. Ketika saya melihatnya di tim nasional, ia duduk di bangku cadangan dan kemudian menyetir rekan-rekannya lewat teriakan yang disuarakannya. Hal itu yang membuat mereka (Portugal) memenangi pertandingan,” kata De Laurentiis mengutip dari Calciomercato, Rabu (15/5/2019).

(Ram)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI